Semarang (2/7/2024), Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro (FIB Undip) mengadakan acara sosialisasi zona integritas di lingkungan FIB Undip. Adapun tema yang diangkat yakni “Pengalaman Fakultas Teknik (FT )dalam memperoleh predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZIWBK) pada tahun 2021 dan proses menuju Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZIWBBM) pada periode 2023-2024”. Acara ini disampaikan langsung oleh Prof.Dr. nat. tech. Siswo Sumardiono, ST, MT. Wakil Dekan Akdemik dan Kemahasiswaan FT Undip. 

Dalam paparannya, Prof. Siswo menjelaskan bahwa pencapaian ZIWBK dan proses menuju ZIWBBM merupakan bagian dari upaya Reformasi Birokrasi Nasional 2010-2025 yang telah dicanangkan pemerintah. Tujuannya adalah untuk mewujudkan birokrasi kelas dunia yang efektif, efisien, dan ekonomis, serta mampu memberikan dampak yang positif terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM), efektivitas pemerintahan, serta kepercayaan global. 

Lebih lanjut, Prof. menjabarkan enam area perubahan dalam Zona Integritas, yaitu manajemen perubahan, penataan sistem manajemen SDM, penataan tatalaksana, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. 

Pada akhir paparannya, Prof. menyampaikan harapannya agar FIB Undip juga dapat mengikuti jejak FT Undip dalam rangka memperoleh predikat ZIWBK dan ZIWBBM demi mewujudkan birokrasi kelas dunia di lingkungan Undip.

Penulis: Virtu Ozo Fable Tchaikovsky

Editor: Gani Nur Pramudyo

Bagikan Berita